Home»Berita»Giliran Australia Nikmati Indahnya Pakis Indonesia

Giliran Australia Nikmati Indahnya Pakis Indonesia

0
Shares
Pinterest Google+

Terdapat dua jenis pakis, yaitu pakis untuk hias dan pakis untuk sayur. Beberapa waktu lalu, pakis hias Indonesia mampu tembus Jepang dan Singapura. Kali ini, PT. TFP yang beralamat di Temanggung, mendapat kesempatan ekspor pakis hias ke Australia melalui Bandara Achmad Yani Semarang.

Perusahaan ini telah mengembangkan tanaman pakis hias di lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Dengan luas lahan 40 hektar, setiap harinya mampu memanen 50.000 tangkai. Di tahun 2017 mampu mengekspor 10.220.500 tangkai ke Jepang dan Singapura. Tidak hanya permintaan ekspor saja, akan tetapi dalam negeri pun membludak. Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota besar lainnya hampir setiap hari lakukan pengiriman.

Sebanyak 76 box yang berisi 38.800 tangkai pakis hias akan tersebar di negara Australia. Aturan untuk eksportasi pakis pun ketat. Petugas Karantina Semarang, Tri Kartika Dewi, S.P dan Zaenal Abidin lakukan pemeriksaan dengan teliti, bahkan di setiap tangkainya agar terbebas dari hama OPTK berbahaya.

Dengan dukungan petugas Karantina Semarang diharapkan dapat memberikan eksportasi pakis yang berkualitas.

Previous post

Mahasiswa UGM Blusukan ke Karantina Semarang

Next post

PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN (FAQ)

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *